Cara Jitu Ngilangin Ngantuk_-

ngantuk-sekalee

Hallo, kawan lagi ngantuk berat yaa.. tenang tenang gw punya cara jitu kok untuk ngilangin ngantuk yang datang tak diundang itu. apalagi kalo lagi ada acara, atau moment tertentu, jiaah kesel banget kan pastinya.. nih dia cara jitu ngilangin ngantuk yang udah pernah gw lakuin sendiri ;

1. kalo keadaan lo lagi dikelas, training, meeting, pokoknya ditempat yang rame tapi resmi   tiba” ngantuk. lo mesti inget satu hal : “liat muka temen lo yang lagi ngantuk juga”. so pasti lo bakal melek dan ngakak karna muka temen lo yang lagi ngantuk mirip orang yang lagi minta pertolongan. HHaaa (Buktikan sendiri yaa)

2. apalagi kalo lo wudhu men, gile langsung kenceng kali saraf saraf ngantuk lo, hhe

3. kalo lo emang rajin, langsung ambil sikap men cari tempat tapi jangan tidur.. lo lari dah tuh minimal 5 menit. selain sehat ngantuk lo juga bisa ngilang (secara cape ) hha

4. apalagi yaa,, satu lagi dah ni. ini sih agak gilaa tapi kalo pengen dicoba ngk apa apa, makan cabe kalo emang disekitar lo tersedia udah gitu olesin tuh dikit air cabe ke bawah mata.. jhaa #gw sih udah nyoba sangking ngantuk nya alhasil pedes dan perih men. tapi ngantuk pun ilang. . .

oke friend semoga bermanfaat yaa 😀 . . .

Narkoba, Engga banget deh

nomafitri-Para pemula pengguna narkoba awalnya hanya ingin mencoba, ingin mengetahui rasanya seperti apa, mungkin hanya mencoba ganja yang dirasa tidak akan membuat ketagihan serta tidak bahaya. Pandangan seperti ini harus segera dijauhkan, karena para pecandu awalnya mempunyai anggapan seperti itu. Risiko yang timbul akibat penggunaan narkoba sangat banyak, salah satunya adalah masalah kesehatan.

Penampilan para pecandu narkoba terihat lebih buruk dibandingkan dengan bukan pecandu, kondisi ini terjadi dikarenakan beberapa penyakit yang kerap menyerang para pecandu. Kira-kira apa saja penyakit itu?

Menurut Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, PhD, “Untuk narkoba suntik karena biasanya menggunakan jarum bersama-sama memicu penyakit hepatitis B dan HIV, untuk narkoba yang lain risikonya lebih besar ke otak.”

Berikut beberapa jenis penyakit yang kerap menyerang pecandu:

1. HIV/AIDS

Banyak penderita HIV AIDS yang dulunya sebagai pecandu narkoba dengan menggunakan jarum suntik. Proses penularan terjadi karena penggunaan jarum suntik yang dilakukan secara bergantian dan juga perilaku seks yang menyimpang dengan berganti-ganti pasangan. Banyak yang tidak menyadari bila sudah terinfeksi HIV, karena infeksi yang terjadi sering tidak bergejala, dan hal ini sangat rentan sekali untuk menularkan ke orang lain. Gejala akan muncul ketika sistem kekebalan tubuh mulai menurun dan terkadang malah sudah masuk dalam tahapan AIDS.

2. Hepatitis B dan C

Pecandu narkoba dengan jarum suntik juga lebih rentan terhadap penyakit hepatitis B, dan C. Penularan virus hepatitis B maupun C terjadi melalui darah yang kerap terjadi dengan penggunaan jarum suntik dengan bergantian, mentato dengan menggunakan alat yang tidak steril. Seseorang kerap kali tidak menyadari bahwa sedang terinfeksi penyakit ini, terkadang sampai kondisinya parah hingga menjadi sirosis atau kanker hati.

3. Menurunnya kemampuan kognitif

Prof Samsuridjal mengatakan, “Beberapa narkoba risikonya lebih ke otak seperti kemampuan berpikir dan mengingat atau kognitifnya jadi menurun, untuk remaja biasanya prestasi di sekolahnya menurun.”

Bisa dikatakan seluruh narkoba berakibat buruk untuk otak serta menurunnya kemampuan kognitif, contohnya penggunaan ekstasi yang berakibat pada hilangnya ingatan pemakai dalam jangka waktu yang relatif lama, tidak mempunyai kemampuan berpikir, sulit untuk berkonsentrasi, untuk ganja berakibat pada gangguan berpikir dan persepsi, dan shabu berakibat pada gangguan saraf.

4. Gangguan di hati (liver) dan ginjal

Fungsi dari kedua organ tersebut untuk menyaring atau menetralkan serta mengeluarkan berbagai racun-racun pada tubuh. Tapi, kedua proses penyaringan dan pengeluaran racun-racun tersebut dapat terganggu karena penggunaan narkoba. Kondisi tersebut menyebabkan hati dan ginjal harus bekerja sangat keras, sehingga mempunyai risiko yang lebih besar untuk mengalami kerusakan atau gangguan.

Semua pemakai narkoba bisa mengalami risiko tersebut, terutama untuk pengguna heroin, ekstasi, kokain, dan shabu-shabu, karena obat ini akan memicu terjadinya gagal ginjal.

5. Gangguan pada paru-paru dan pernapasan

Menurut Sekjen Yayasan Cinta Anak Bangsa, dr Iskandar Hukom, “Untuk yang dihirup bisa mengganggu paru-paru karena umumnya barang yang dijual di pasaran merupakan hasil oplosan.”

Zat tertentu kerap kali ditemukan dalam barang oplosan, tentu saja zat ini tidak boleh masuk ke dalam tubuh baik itu terhirup atau karena sebab lain yang dapat menganggu kinerja paru-paru maupun pernapasan.

6. Terkena infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual lebih sering dialami oleh pengguna narkoba karena seringnya melakukan hubungan seksual yang tidak benar secara bergantian.

7. Gangguan jiwa

Dalam jangka panjang, zat-zat kimia yang terkandung dalam narkoba akan membuat pemakaianya mengalami kerusakan pada sistem sarafnya dan merangsang terjadinya perilaku menyimpang seperti berhalusinasi, ilusi serta mengalami gangguan pada cara berpikirnya yang dapat memicu terjadinya gangguan kejiwaan.

Narkoba merupakan barang terlaknat dan barang haram yang banyak memberikan kerugian bagi pemakainnya, contohnya tubuh menjadi tidak sehat (kecanduan). Jangan pernah seseorang sekali-kali mencoba barang haram ini, sekali mencoba dapat terjerumus dan terus bergelayut dengan narkoba. Bila seseorang sudah mengalami sakauw dengan narkoba maka semakin dekat dengan tiga opsi berikut, yakni gila, mati atau ditangkap polisi. Tentunya tidak ada yang menginginkan ketiga opsi tersebut. Oleh sebab itu janganlah pernah mencoba barang haram ini, walaupun hanya sedikit.

Luar Biasanya Manfaat dari Shalat

nomafitri- kali ini noma ingin berbagi pengetahuan buat semuanya. berikut ini adalah manfaat solat untuk kesehatan loh silahkan didimak dan semoga bermanfaat

Sholat dengan berdiri

Wajibnya sholat adalah berdiri bagi yang mampu, ternyata berdiri pada waktu sholat mengandung hikmah yg luar biasa yaitu dapat melatih keseimbangan tubuh dan konsentrasi pikiran.

Takbiratul Ihram

Takbir dilakukan dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu dan dilakukan ketika hendak rukuk dan bangkit dari rukuk. Pd saat kita mengangkat tangan sejajar bahu, otomatis kita membuka dada, memberikan aliran darah dari pembuluh balik yang terdapat di lengan untuk dialirkan ke bagian otak pengatur keseimbangan tubuh, membuka mata dan telinga kita sehingga keseimbangan tubuh terjaga.

Rukuk

Rukuk dilakukan dengan tenang dan optimal dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai saaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Rukuk pun dapat memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di punggung, pinggang, paha dan betis belakang. Demikian pula tulang leher, tengkuk dan saluran saraf, memori dapat terjaga kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan saraf memori dapat dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata menatap ke tempat sujud.

I’tidal (Bangun dari Rukuk)

Saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga sistem saraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah terjadinya pingsan secara tiba-tiba.

Sujud

Apabila dilakukan dengan benar dan lama, sujud dapat memaksimalkan aliran darah dan oksigen menuju otak atau kepala, termasuk mata, telinga, leher, pundak dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membogkar sumbatan pembuluh darah pada jantung sehingga resiko terkena jantung koroner dapat diminimalisir.

Duduk antara Dua Sujud

Cara duduk di antara dua sujud dapat menyeimbangkan sistem kerja elektrik serta saraf keseimbangan tubuh kita. Selain itu, gerakan ini dapat menjaga kelenturan saraf di bagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, sampai jari-jari kaki. Kelenturan saraf ini dapat mencegah penyakit prostat, diabetes, sulit buang air kecil dan hernia.

Duduk Tasyahud Awal

Pada saat duduk tasyahud awal, lipatan paha dan betis bertemu. Gerakan ini dapat mengaktifkan kelenjar keringat sehingga dapat mencegah pengapuran dan mengoptimalkan kaki sebagai penopang tubuh kita.

Duduk Tasyahud AKhir

Gerakan ini lebih baik dari gerakan bersila. Berguna untuk membongkar pengapuran pada cekungan kaki kiri agar saraf keseimbangan yang berhubungan dengan saraf mata akan terjaga dengan baik sehingga konsentrasi akan meningkat dan terjaga.

Salam

Gerakan ini dapat menarik urat leher yang bermanfaat untuk menjaga kelenturan urat leher. Pada leher terdapat banyak urat saraf yang sangat penting untuk dijaga, seperti urat saraf paru-paru dan jantung.

Sekian informasi sederhana saya mengenai agama yang berhubungan dengan kesehatan ini.Semoga teman – teman yang umat muslim dapat melaksanakan shalat karena begitu banyak manfaat.

Daftar Buah-Buahan Super

nomafitri-Buah super atau superfruit adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan, serat, vitamin dan mineral serta nutrisi lain yang dapat membantu hidup lebih lama, tampak lebih muda bahkan mencegah berbagai penyakit menyerang Anda. Buah super ini sangat baik dikonsumsi saat masih segar, bukannya diolah terlebih dulu.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar 15 buah super yang direkomendasikan para ahli:

  1. Apel. Apel merupakan sumber serat yang luar biasa. Kulit apel mengandung kuersetin, salah satu antioksidan yang bersifat antihistamine dan anti-peradangan sehingga bisa membantu melindungi Anda dari penyakit jantung dan reaksi alergi.
  2. Pisang. Pisang kaya akan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. Pisang juga merupakan sumber karbohidrat yang dapat membuat kenyang dalam waktu lama dan dapat mendorong metabolism
  3.  Blewah. Blewah kaya akan vitamin A yang mampu mendorong sel-sel bereproduksi dan menjadikannya pengelupas kulit (eksfoliator) alami sehingga dapat membuat kulit tampak lebih muda dan mulus.
  4. Ceri. Antioksidan pada cei disebut antosianin yang dapat mengurangi peradangan serta menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol dalam darah.
  5.  Buah Naga. Asam lebat pada buah naga yang disebut dengan asam oleik yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah.
  6. Anggur. Antioksidan pada anggur disebut dengan resveratrol yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, ekstrak biji anggur dapat memperlambat penyakit Alzheimer serta mengalahkan sel-sel kanker yang tumbuh di kepala dan leher.
  7. Kiwi. Kulit kiwi mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks yaitu prebiotik. Oleh karena itu, buah kiwi baik untuk membantu masalah pencernaan.
  8. Jeruk. Jeruk merupakan sumber vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, buah yang sangat familiar dengan rasanya yang manis mempunyai beberapa kandungan seperti kalium, kalsium, serat, folat dan vitamin B.
  9. Stroberi. Stroberi kaya akan  vitamin C. Buah ini merupakan sumber asam folat yang luar biasa sehingga dapat membantu melindungi jantung Anda. Buah ini juga dapat memutihkan gigi secara alami.
  10. Alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sembari menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.Selain itu, lemak pada alpukat dapat membantu penyerapan karotenoid lainnya, terutama beta karoten dan likopen yang penting bagi kesehatan jantung.
  11.  Tomat. Tomat mengandung antioksidan yang bernama  likopen yang jarang ditemukan pada buah super lainnya. Buah ini juga kaya vitamin C, kalium dan serat serta sangat rendah kalori.
  12. Pepaya. Pepaya adalah sumber vitamin C, vitamin A, dan vitamin E yang baik untuk membantu melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung dan kanker usus.
  13. Labu. Labu kaya akan beta karoten yang jika dikombinasikan dengan kalium dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.
  14. Semangka. Semangka mengandung banyak likopen. Semangka juga merupakan sumber vitamin A dan C.
  15. Nanas. Nanas mengandung bromelain, yaitu sebuah enzim pencernaan yang akan membantu memecah makanan untuk mengurangi kembung.

Cara Merawat Kulit Tetap Lembab

nomafitri-Siapa saja pastinya menginginkan mempunyai kulit yang sehat. Dengan adanya pola hidup yang ada dikota-kota serta adanya perubahan iklim yang terjadi akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan kulit, dimana kelembaban kulit menjadi berkurang sehingga kulit menjadi lebih kering.

Menurut salah seorang spesialis kulit, Dr. Nadia Yusaryahya, “Kulit kering harus dicegah. Pada kulit kering bakteri mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi.”

Walaupun kita di daerah yang tropis dengan suhu yang hangat, namun tidak sedikit orang yang bekerja dengan lingkungan kerja dalam ruangan dingin. Adanya kondisi tersebut menjadi penyebab terjadinya kulit, kulit pecah-pecah serta munculnya rasa gatal. Berikut ada beberapa tips yang pernah dijelaskan oleh American Academy of Dermatology supaya kelembaban kulit dapat terjaga.

1. Mandilah menggunakan air dingin

Manfaat dengan mandi menggunakan air hangat adalah membuat rileks. Namun, air hangat bisa menyebabkan kulit menjadi lebih mudah mengering. Kondisi ini menyebabkan terhapusnya minyak alami pelindung oleh air hangat. Oleh sebab itu, mulailah terbiasa mandi menggunakan air dingin. Jika Anda menginginkan mandi menggunakan air hangat, lakukanlah proses mandi dengan cepat.

2. Pilihlah sabun

Setelah mandi seharusnya Anda mendapatkan kulit yang lembut serta kenyal. Bila Anda merasa kulit menjadi tertarik atau kering, hal itu bisa jadi pertanda bahwa sabun Anda perlu diganti. Jika tipe kulit Anda adalah kulit kering,  gunakanlah sabun yang mengandung pelembab. Sebelum Anda menemukan sabun yang sesuai dengan kulit, biasanya diperlukan beberapa percobaan sampai benar-benar menemukan yang tepat. Anda perlu terbiasa dengan menggunakan sabun di daerah tertentu, contohnya kaki, sekitar paha, ketiak, dan wajah.

3. Gunakan pelembab

Setelah mandi adalah waktu yang baik untuk menggunakan pelembab, karena kondisi kulit masih lembab sehingga akan memudahkan zat pelembab untuk diserap serta dikunci. Bentuk pelembab yang paling baik bagi kulit kering adalah krim. Disarankan untuk memilih produk yang terbebas dari parfum. Pakailah pelembab yang mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin E untuk wajah.

4. Cukup mengkonsumsi air

Walaupun secara langsung tidak ada kaitannya, tapi dengan cukup mengkonsumsi air membuat  metabolisme menjadi lancar dan menghilangkan toksin yang akan menjadikan tubuh dalam kondisi sehat dan juga fit.

“Pada kulit kering cirinya itu agak bersisik, cracking, dan mudah gatal. Kalau digaruk dan tangan tidak bersih, itu juga mempermudah masuknya kuman,” tambah Nadia.

Manfaat Teh Hijau

nomafitri-Manfaat kesehatan teh hijau. Jika anda orang yang menggemari minum teh hijau teta ppertahankan aktivitas ini, karena kandungan katehin banyak terdapat pada teh hijau, katehin merupakan zat antioksidan tinggi yang mempunyai fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak alasan yang mendasari produsen minuman ringan menjadikan teh hijau sebagai salah satu minuman yang banyak memberikan manfaat kesehatan. Bagi Anda yang menggemari minuman bersoda, ada baiknya untuk mulai menggantinya, karena para ahli sudah meneliti dan menemukan 10 manfaat teh hijau, berikut penjelasannya:

1. Teh hijau memberikan perlindungan pada kanker. Sebuah penjelasan dari U.S. National Cancer Institute bahwa teh hijau mempunyai kandungan polifenol yang berguna untuk mencegah kanker.

Dari sebuah penelitian berikutnya menyatakan bahwa kandungan oksidan tak aktif polifenol membantu mengurangi ukuran serta jumlah tumor, dan juga menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Penelitian yang sama juga sudah dilakukan mengenai kanker payudara, kandung kemih, ovarium, paru-paru, esophagus, perut, prostat, dan bermanfaat untuk kulit.

2. Teh hijau berguna untuk mencegah aterosklerosis. Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang diperaya memiliki kemampuan dalam mencegah penumpukan lemak yang ada pada pembuluh darah dengan cara melakukan penekanan pada proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Kemungkinan terjadinya penggumpalan darah juga dapat dikurangi dengan antioksidan. Selain itu, antioksidan membantu arteri jadi lebih rileks sehingga proses aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Teh hijau berguna untuk menjaga kadar HDL (kolesterol baik). Hasil dari sebuah penelitian menjelaskan bahwa secara keseluruhan teh hijau mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol, disamping itu juga meningkatkan HDL hewan dan manusia. Teh hijau juga mempunyai kandungan polifenol yang berguna untuk menghadang terjadinya proses penyerapan usus dan membantu tubuh melancarkan pengeluarannya.

4. Teh hijau berguna untuk mengendalikan diabetes. Secara tradisional teh ini sudah digunakan untuk mengendalikan kadar gula pada tubuh. Ditunjukkan juga dalam beberapa penelitian bahwa di dalam tubuh, teh hijau mampu membantu mengatur glukosa.

5. Teh hijau berguna untuk melawan penyakit yang ada di dalam hati. Memberikan perlindungan pada hati dari beberapa efek buruk senyawa yang beracun, contohnya alkohol.

6. Membantu menurunkan berat badan. Terdapatnya ekstrak teh hijau berguna untuk meningkatkan metabolisme serta melakukan pembakaran lemak. Di duga oleh beberapa peneliti bahwa polifenel (lebih khusus katekin) yang mempunyai peran dalam membakar lemak.

7. Membantu dalam rileksasi. Perasan rileks dapat terbangun dengan meminum secangkir teh hijau dan juga secangkir teh hijau mempunyai kadungan asam amino L-teanin yang berguna untuk meningkatkan daya ingat.

8. Teh hijau berguna untuk meningkatkan sistem imun (daya tahan tubuh). The Brigham and Women’s Hospital melakukan penelitian dengan memperoleh hasil bahwa teh hijau mempunyai kandungan teanin yang berguna untuk meningkatkan kemampuan sel Gamma Delta T dalam melakukan perlawanan terhadap penyakit serta membantu tubuh untuk melawan infeksi.

9. Teh hijau berguna menjadikan sistem pencernaan serta pernafasan kuat, berkat adanya kandungan bioflavonoid.

10. Teh hijau berguna dalam mencegah gigi berlubang karena sifatnya sebagai anti bakterial.

Sangat dianjurkan untuk meminum teh hijau dalam sehari sebanyak dua sampai tiga cangkir, karena terdapat kandungan polifenol sebanyak 240-329mg. Cara tersebut merupakan cara terbaik untuk memperoleh antioksidan teh hijau.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari teh hijau, perlu juga mengetahui cara penyajian yang baik. Caranya yakni, gunakanlah air mineral jangan air keran. Seduh air dengan panas mencapai 80 derajat celcius. Untuk teh yang baik adalah yang berasal dari daun. Takaran yang baik, yakni 200 cc air untuk dua sendok teh hijau. Supaya rasa dan aroma dapat kita peroleh, lakukanlah penyeduhan teh tidak lebih dari 2 menit.

untuk mendapatkan manfaat teh hijau secara maksimal sebaiknya janganlah mencampur teh dengan apapun, baik dari gula atau susu. Hal ini untuk mendapatkan fungsi katehin secara maksimal. Disarankan untuk meminum teh yang sudah diseduh jangan lebih dari 20 menit, ini untuk menghindari jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan menghindarkan wanita dari kanker ovarium, serta menghindarkan pria dari serangan kanker pankreas.